Kurikulum

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak An-Nisaa menggunakan Kurikulum Nasional yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional diperkaya dengan pengembangan program-program pembentukan akhlak terpuji, pembiasaan sikap kepemimpinan dan adab, serta pengembangan kemampuan dasar melalui pola pembelajaran yang menyenangkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek kegiatannya.

Berikut adalah pokok-pokok bahasan yang menjadi fokus pembelajaran di KB/TK Annisaa :

NoPokok BahasanSub Pokok Bahasan
1 Pendidikan Agama Islam dan Iqro Menanamkan rasa cinta terhadap Allah SWT dan RasulNya dengan melakukan tindakan-tindakan sesuai nilai-nilai Islam dan 10 adab Annisaa' (damai, syukur, peduli, jujur, amanah, disiplin, kebersamaan, rendah hati, sabar dan ikhlas) melalui pengenalan, pembiasaan dan keteladanan yang selalu terintegrasi disetiap kegiatan siswa. Siswa KB diberikan pengenalan materi pengenalan huruf-huruf hijaiyyah melalui pembelajaran Iqro, yang akan dilanjutkan di tingkat TK
2 Emosi dan Perilaku Meliputi pengembangan kemampuan bersosialisasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri, kemandirian, kerja sama dan saling menghargai. Cakupan lainnya adalah mengenalkan mana sikap yang baik dilakukan dan mana yang tidak baik dilakukan.
3 Bahasa Pengembangan kemampuan berbahasa meliputi empat keterampilan besar yaitu : mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Mendengar dan berbicara dilakukan melalui kegiatan bercerita, tanya jawab, menceritakan kembali. Pembelajaran membaca dan menulis dilakukan melalui kegiatan-kegiatan bermain yang menarik dan menyenangkan
4 Konsep Matematika Pengenalan konsep bilangan, ukuran, bentuk dan ruang, dengan menggunakan media yang bervariasi yang dilakukan di dalam maupun di luar ruangan
5 Ilmu Pengetahuan Dalam rangka memotivasi dan mengembangkan rasa keingintahuan terhadap alam sekitar, maka siswa mendapat pengalaman langsung dan kemampuan dasar ilmiah melalui kegiatan-kegiatan : mengamati, memperkirakan, tanya jawab, membuat laporan (baik berupa gambar ataupun tulisan, bagi yang sudah mampu menulis) dan menyimpulkan.
6 Motorik Halus dan Kasar Bertujuan menumbuh kembangkan keterampilan dan kemampuan fisik secara utuh. Kegiatan motorik halus mencakup : mewarnai, menggambar, melipat, menempel, meronce, merobek, dsb. Sementara itu kegiatan motorik kasar dilakukan melalui kegiatan jasmani/ sport termasuk berenang dan bermain.
7 Seni Mengembangkan potensi dasar anak dalam mengekspresikan diri melalui kegiatan bernyanyi, menari dan art
8 Teknologi Informasi Pengenalan dilakukan melalui pembelajaran komputer, yang juga sebagai sarana untuk membantu memperkuat pemahaman konsep dari pembelajaran yang lain.
9 English Mengembangkan kemampuan bahasa Inggris melalui lagu, rhymes dan games sesuai dengan tema pembelajaran. Penterapan bahasa Inggris juga diberikan melalui instruksi-instrusksi sederhana. Khusus siswa TK, pembelajaran bidang studi bahasa Inggris dilaksanakan 2 x per minggu.