Program Unggulan

A.Program Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan

1. Sholat Dhuha

Pembiasaan sholat Dhuha melatih siswa cinta beribadah dan mewujudkan rasa syukurnya kepada sang Pencipta, dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan guru pada saat jam istirahat.

2. Sholat Berjamaah

Sholat Zhuhur untuk kelas 1-2 dilakukan di kelas di bawah bimbingan guru kelas dengan bacaan sholat yang dikeraskan bertujuan agar guru dapat membetulkan bacaan dan gerakan sholat siswa, sedangkan kelas 3-6 dilakukan di Mushola secara bergantian dibawah bimbingan guru agama dan Al-Quran. Sholat berjamaah melatih kepemimpinan siswa, karena siswa diberi kepercayaan menjadi muadzin, iqomah dan baca doa.

3. Sholat Jum’at

Sholat jum’at diikuti oleh siswa laki – laki kelas 4 sampai dengan kelas 6, dilaksanakan di mesjid atau di hall SD An – Nisaa’, Bertujuan untuk melatih para siswa untuk melaksanakan sholat Jum’at sesuai degan rukun-rukunnya.  

4. Kultim

Setiap siswa diberi kesempatan menyampaikan suatu topic, dapat berupa cerita Islami atau cerita dalam kehidupan sehari – hari yang mengandung hikmah, sesuai jadwal yang telah ditentukan di depan kelas, apa yang disampaikan siswa kemudian diulas oleh guru kelas. Tujuannya untuk melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa berbicara di depan kelas, serta saling mengingatkan dalam kebaikan. Kegiatan Kultim untuk siswa kelas 3 – 6.

5. Tahfiz

Kegiatan menghafal dan membetulkan bacaan Al-Quran (Juz 30)  dibimbing dan dipantau guru Al-Quran bersama guru kelas, sesuai surat yang ditentukan pada pelajaran Agama Islam.

6. Pesantren Ramadhan

Sebagai sekolah yang berupaya menanamkan nilai-nilai agama Islam, moment Ramadhan dioptimalkan dengan menyelenggarakan banyak kegiatan yang bermanfaat bagi pembinaan dan pengembangan jiwa muslim siswa.

B. Program Kecakapan Hidup

1.  Program Kepemimpinan (The Leader In Me)

Program ini merupakan pembentukan karakter siswa dengan menanamkan dan melatih 7 kebiasaan efektif (7 habits) yang bertujuan memunculkan potensi kepemimpinan /leadership  pada setiap anak. Setiap siswa diberikan peran kepemimpinan dan kesempatan untuk “tampil” pada setiap acara-acara kepemimpinan (Leadership events). Dalam proses implementasinya sekolah bekerjasama dengan  Franklin Covey Foundation

2.    Hari Kepemimpinan(Leadership Day)

Hari Kepemimpinan adalah sebuah kegiatan dimana pada hari tersebut, para siswa menampilkan keterampilan kepemimpinan. Semua siswa terlibat aktif  mengelola sebuah penampilan mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaannya.  Acara tersebut berisi berbagai kegiatan yang akan menyebabkan semua yang hadir dapat melihat dan merasakan dengan konkret budaya kepemimpinan dilingkungan sekolah. Kegiatan dirancang sesuai dengan kapasitas usia dan tentunya sangat bermanfaat sebagai sarana  latihan ketrampilan kepemimpinan.

3.    Menetapkan Tujuan dan Menjalakannya (Goal Setting & Execute)

Siswa dilatih untuk membuat tujuan dan mencatat serta menyelusuri pencapaian tujuan tersebut  dalam sebuah buku yang disebut sebagai “Data Note Book”. Siswa juga dilatih untuk dapat “mempertanggungjawabkan” semua pencapaian yang diperolehnya kepada orang tua nya masing-masing pada sessi “Student’s Lead Confrence”

4.    Persahabatan Antar Bangsa

Sejak tahun 1999 Sekolah An-Nisaa’ dengan Jakarta Japanese School (JJS) telah menjalin hubungan kerjasama persahabatan antar sekolah, yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, seni budaya dan ketrampilan siswa kedua sekolah. Melalui kerjasama ini, diharapkan siswa An-Nisaa’ memiliki wawasan dan relasi yang luas sebagai modal terjun dalam dunia global.

5.    Sex Education

Ditujukan agar siswa/i mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi ketika memasuki masa puber dan memberikan pembekalan pada siswa/i dalam memasuki masa ‘Taklif’ (beban kewajiban dalam Islam). Sekolah bekerjasama dengan lembaga yang kompeten dalam melakukan kegiatan ini.

6.     Keputrian

Program keputrian bertujuan untuk membentuk muslimah yang berakhlaqul karimah, berwawasan dan memiliki ketrampilan. Materi kegiatan meliputi fiqih, ketrampilan, cookery, tatakrama dan ceramah umum. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswi kelas 3, 4, 5 dan 6 yang dilaksanakan ketika siswa putra sholat Jum’at.

7. Kegiatan Kepemimpinan (Leadership Event)

Berbagai kegiatan kepemimpinan  diselenggarakan  terintegrasi dengan  kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk melatih keberanian dan sikap kepemimpinan lainnya seperti: Apresiasi Bahasa & Seni, ”Social Fair”, Pekan Buku, Pekan Budaya Nusantara atau Internasional, , Bulan Bahasa, Pekan Lingkungan, ”Sport day”, Music Assembly, Perayaan Hari Besar Islam dan Peringatan Hari Besar Nasional.

8.    Hari Bersih (Clean Day)

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak dan mempraktekkan kesehatan dan kebersihan diri, lingkungan kelas dan lingkungan sekolah kepada siswa/i. Dengan kegiatan ”Clean Day” ini diharapkan  tumbuh kepedulian siswa/i terhadap lingkungan sekitar.

9.    Field Trip (Widya Wisata)

Supaya paham lebih mendalam mengenai tema pembelajaran yang sedang dipelajari, siswa diajak melakukan widya wisata ke lokasi yang sesuai. Aktivitas ini sekaligus untuk mengaplikasikan sikap dan akhlak terpuji seperti yang sudah diajarkan di kelas, serta menumbuhkan kemampuan menganalisa, berfikir kritis dan ilmiah

10.    Puncak Tema

Kegiatan puncak tema merupakan bagian dari program pembelajaran yang dilaksanakan diakhir semester, dan merupakan puncak kegiatan  dari setiap level. Puncak tema  menggambarkan proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh siswa sepanjang satu semester. Kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk pameran, performance siswa atau dalam bentuk lainnya.