Program Unggulan

1.    Pembinaan Nilai Keimanan dan Ketaqwaan

Pembinaan terhadap keimanan dan ketaqwaan mendapatkan perhatian serius SMP An-Nisaa. Bersesuaian dengan visi An-Nisaa, maka diadakan program-program untuk membina keimanan dan ketaqwaan, yaitu: TASMI’; TADARUS; TAHFIDZ; KULTIM; KEPUTRIAN; SHOLAT BERJAMAAH.

2.    Program Pamong

Program pamong bertujuan mengembangkan dan membina kematangan pribadi siswa. Siswa akan dibina dan dibimbing oleh guru yang berperan sebagai wakil orang tua yang akan memantau perkembangan tiap individu siswa, baik akademik maupun non akademiknya. Diharapkan tiap siswa memiliki tempat untuk berdiskusi, mencari solusi, dan memberi arahan atas permasalahan yang sedang dihadapinya.

3.    RSSR

Pada program ini, siswa membuat jadwal kegiatan harian dari bangun tidur sampai akan tidur kembali, disesuaikan dengan kultur kehidupan anak di rumah. Program RSSR dilakukan dalam upaya membiasakan pola kehidupan disiplin dan terarah kepada para siswa. Guru Pamong bekerja sama dengan orang tua memantau  pelaksanaan jadwal kegiatan harian siswa. Evaluasi mingguan akan dilaksanakan apakah siswa sudah bisa disiplin dan konsisten dengan jadwal yang telah dibuat, atau mengalami kendala dalam pelaksanaanya.

4.    Bilingual Program

Dalam menyiapkan siswa untuk memiliki skill berbahasa Inggris yang baik dan mampu bersaing di Era Globalisasi,  SMP An-Nisaa’ menerapkan  Bilingual Program pada mata pelajaran Matematika, Sains dan TIK. Bridging Course, Self Access Learning Centre, English Performance, Student Exchange.

5.    Face To Faith

Program Face to Faith adalah sebuah program yang difasilitasi oleh Tony Blair Faith Foundation yang membantu seluruh siswa seluruh dunia dengan beragam budaya dan keyakinannya berinteraksi serta berdialog melalui video conference atau komunitas online dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Tujuan utamanya adalah membangun dan mengembangkan toleransi antar siswa yang berbeda budaya dan keyakinan tersebut demi terciptanya saling pengertian dan perdamaian di dunia.

6.    Program Kemandirian Siswa (PKS)

Program ini merupakan aplikasi semua materi pelajaran yang terintegrasi. Bertujuan membantu siswa dalam membangun sikap mental disiplin    dan bertanggung jawab atas dirinya, sehingga dengan percaya diri siswa dapat  membangun kemandiriannya.

7.    Orientasi Dunia Kerja (ODK)

Sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship, SMP An Nisaa’ bekerjasama dengan beberapa badan usaha menyelenggarakan Orientasi Dunia Kerja. Pada kegiatan ini  siswa melakukan observasi dan mencari informasi mengenai dunia kerja. Hasil pengamatan dan data yang diperoleh dipresentasikan dalam pameran ODK, meliputi ruang lingkup usaha dan ketrampilan  yang harus dimiliki seorang entrepreneur.

8.    Karya Tulis

Dalam upaya melatih siswa untuk dapat menulis secara ilmiah, Siswa dilatih untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah. Dimana ide topik dari karya ilmiah tersebut diserahkan kepada siswa sesuai dengan minatnya. Siswa akan mempresentasikan karya tulisnya dalam sebuah siding.

9.    Penyuluhan Anti Narkoba

Sebagai salah satu upaya tindakan pencegahan penggunaan narkoba dikalangan remaja (SMP). Dan untuk membekali serta memberikan informasi kepada siswa mengenai pengaruh narkoba bagi kesehatan. SMP An-Nisaa’ bekerjasama dengan lembaga yang kompeten dibidangnya melakukan penyuluhan Narkoba yang pada penyampaian materi dilakukan dengan beberapa pendekatan yaitru: Pemutaran film, Ceramah dan tanya jawab, Game, dan Pertunjukan seni musik.

10.  Sex Education

Agar siswa mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi ketika memasuki masa pubertas. Menerangkan bahwa mereka memasuki masa “Taklif” (beban  kewajiban dalam Islam). Serta membekali pengetahuan remaja agar lebih siap menghadapi kehidupannya. SMP An-Nisaa bekerjasama dengan lembaga yang kompeten dibidangnya  melakukan pelatihan sex education.

11.    Pesantren Ramadhan

Kegiatan Pesantren Ramadhan dilaksanakan dengan berbagai aktifitas menarik dan aplikatif mengenai Tauhid, Fiqih dan penerapan pendekatanSebagai sekolah yang concern dalam menanamkan nilai-nilai agama, moment ramadhan dioptimalkan dengan menyelenggarakan banyak kegiatan yang bermanfaat bagi evaluasi dan pengembangan diri.

12.  Persahabatan Antar Bangsa

Dalam rentang umur yang kian mendekati kedewasaan, siswa harus memahami bahwa kompetisi dimasa tidak lagi bersifat lokal, tapi global. Modal berinteraksi dengan berbagai warga dunia akan menumbuhkan awareness tentang hal ini, dan tentu juga menambah kepercayaan diri dan motivasi untuk terus mengembangkan kemampuan diri. Persahabatan antar bangsa -diantaranya dengan jakarta Japanese School (JJS), Australian School, dan Kedubes New Zealand- juga merupakan sarana awal membangun jaringan global yang akan berguna bagi kehidupan dimasa mendatang.

13.  Field Trip

Field trip merupakan kegiatan widya wisata ke berbagai tempat yang berhubungan dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan tujuan menyelesaikan project yang ditugaskan dari berbagai bidang studi, siswa melakukan serangkaian penelitian dan pengumpulan data ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan, seperti Alfa Gudang Rabat, Pasar Tradisional, dan lain-lain.

14.  Student Exchange / Sister School

Merupakan program excursion study yang bertujuan memberikan wawasan global dan pengalaman baru kepada para peserta didik untuk belajar mengenai kebudayaan suatu bangsa, suku dan negara lain. Penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan di suatu sekolah di Indonesia dan di negara lain seperti Singapura yang sudah terjalin hubungannya selama ini. Jalinan kerja sama dengan suatu sekolah di negara lain diharapkan dapat terciptanya integrasi kurikulum diantara sekolah tersebut.